Monday 13 June 2016

Bukan Hidup dari Roti

Tetapi Yesus menjawab:"Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."


Matius 4:4
Tetapi Yesus menjawab:"Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."


Sejak kecil kita sudah sering dengar kisah Yesus dicobai iblis. Tapi pernakah kamu bertanya kenapa Iblis mencobai Yesus dengan cara-cara itu? Kenapa pencobaan pertama adalah tantangan agar Dia mengubah batu menjadi roti? Kalo kita perhatikan, sebenarnya inti dari pencobaan pertama ini bukan sekedar tentang batu jadi roti. Ini adalah tantangan buat negbuktiin ketuhanan Yesus. Dan caranya, iblis memanfaatkan kondisi Yesus yang dalam kemanusian-Nya sudah sangat kelaparan karena sudah berpuasa selama 40 hari 40 malam. Godaan iblis ini adalah godaan supaya Yesus menggunakan kuasa-Nya untuk melakukan hal-hal yang bersifat egois, duniawi, dan sementara. Yupm itulah cara yang sering iblis pake dalam menggoda kita juga.

Sebagai manusia, Yesus memang sangat butuh makanan. Ia bahkan pernah lapar dan Ia juga suka memakan banyak makanan. Artinya, Yesus bukannya menganggap kebutuhan duniawi/daging sebagai dosa atau hal yang tidak boleh untuk dipenuhi. Demikian juga, kalau pun Ia makan setelah puasa-Nya selesai, itu boleh-boleh saja. Tapi, yang membuat Yesus menolak bujukan iblis untuk mengubah batu menjadi roti adalah karena itu bukan kehendak Bapa-Nya.

Ketika mendengar istilah godaan dunia atau godaan iblis, kita kerap sekali membayangkan itu pastilah tentang sesuatu yang sangat jahat, kejam, tidak baik, dll. Ternyata, melalui Firman Tuhan kali ini, kita tau bahwa faktanya tidak selalu demikian. Tidak selalu tentang apa yang dilakukan, tetapi justru tentang bagaimana kita melakukannya. Ingin berhasil itu tentu saja baik. Tuhan pun ingin kita berhasil. Tapi, sering kali iblis membujuk kita mengejar keberhasilan itu dengan cara-cara yang tidak benar. Ingin jadi orang sukses atau berhasil, tapi caranya dengan memanfaatkan teman atau menikung teman sendiri. Ingin punya pelayanan yang maju, tapi kalau salah langkah kita justru melayani dengan motivasi yang tidak murni buat Tuhan. Perhatikan, sama sekali tidak salah kalau punya cita-cita yang hebat dan pelayanan yang berhasil tadi. Tetapi, hati-hati jangan sampai kita mengikuti cara-cara dunia atau bujukan iblis buat mencapainya. Ketaatan pada Tuhan harus yang nomor satu, bukan keinginan kita(bahkan meski keinginan itu baik).

Godaan di zaman ini adalah untuk menjadi tampak baik tanpa melakukan yang baik - Brennan Manning (Pendeta)
Mulai Berdiskusi!

0 comments

Powered by Blogger.