Monday 13 June 2016

Masih Pentingkah Agama?

pentingnya pendidikan agama didalam kehidupan kita
Pendidikan Agama Kristen

Banyak orang kecewa dengan agama karena berbagai alasan. Orang merasa bahwa agama terlalu mementingkan uang. Lebih parah lagi, tidak seperti jemaat, beberapa pemimpin agama menikmati gaya hidup yang mewah, sementara banyak jemaat yang bersusah payah mencari nafkah. Bahkan beberapa diantara para pemimpin agama, termasuk juga agama Kristen memanfaatkan lembaga-lembaga keagamaan untuk mengeruk keuntungan pribadi. Hal ini termasuk mencampur adukkan agama dengan politik, menyetujui tindakan yang menyebabkan Allah tidak senang. Bukankah Rasul Paulus mengajarkan kepada kita bahwa kita tidak boleh "mencari keuntungan dari Firman Allah" (2 Korintus 2:17).

Alkitab juga menyakinkan bahwa di "hari-hari terakhir", orang akan lebih mencintai uang dan kesenangan daripada Allah dan sesama (2 Timotius 3:1-5). Padahal bahwa kekayaan bisa melemahkan iman. Jika demikian menurut anda masih pentingkah agama itu?

Peran Agama itu memang tidak bisa dipungkiri sanagat penting dalam kehidupan. Agama menekankan pengajaran tentang moral dan budi pekerti  serta mengedepankan hubungan antarmanusia. Itu sebabnya Negara Kesatuan Republik Indonesia sangat memperhatikan pendidikan agama didalam persekolahan maupun perkuliahan. Indonesia berharap melalui adanya pelajaran agama, masyarakat dan para pelajar yang ada dapat lebih memiliki etika, moral dan budi pekerti yang baik dalam menjalani kehidupan. Agama dianggap sebagai sarana pembelajaran yang baik dalam menidik moral para pelajar. Itu sebabnya kurikulum pendidikan yang ada selalu mencantumkan pelajaran Agama didalam kurikulum tersebut.

Peran agama juga sanagat penting dalam menjaga ketertiban dan perdamaian yang ada didunia. Menurut kalian mengapa banyak orang sangat takut untuk menghadapi kematian? Banyak yang bahkan rela mencari cara agar mereka dapat hidup lebih lama atau bahkan mereka ingin agar mereka abadi. Kematian adalah hal yang jelas sangat kita takuti. Mengapa? Karena kita yakin bahwa ada yang harus kita pertanggung jawabkan atas apa yang telah kita lakukan didalam dunia ini. Manusia sangat meyakini akan adanya surga dan neraka. Mereka yakin akan hal itu karena Agama yang mengajarkannya.

Namun seperti yang kita lihat sekarang, banyak umat beragama yang tidak memiliki moral yang baik. Bahkan banyak diantar manusia didunia ini tidak mementingkan ajaran yang ada pada agama. Apa penyebabnya? Sudah pasti bukan hanya karena godaan iblis sendiri, melainkan karena keegoisan, keserakahan, hawa nafsu dan lainnya yang timbul dari manusia itu sendiri. Ini yang membuat dunia ini semakin lama semakin hancur, bahkan Tuhan sendiri sudah sangat sering menegur kita umat manusia melalui cara-Nya sendiri. Kita mengatakan bahwa agama itu penting, namun nyatanya kita sendiri yang mebangkang dari ajaran agama itu sendiri.

Lantas apa yang harus kita lakukan? Apakah agama itu masih perlu untuk kita pertahankan? Coba kita perhatikan sejenak, apalah ada kesalahan yang ada didalam ajaran agama? Terutama agama Kristen, kita akan melihat berbagai ajaran yang luar biasa yang dapat memperbaiki dunia ini. Ilmu agama itu sangat penting, namun manusia sendiri yang menganggapnya tidak penting. Jika bebrapa manusia masih menganggap ajaran agama itu penting, tetapi dunia masih sedikit kacau. Bagaimana jika tidak ada manusia yang menganggap ajaran agama itu penting? Mungkin itulah akhir dari dunia ini.

Untuk itu sangat pentinglah bagi kita untuk menyebarkan ajaran agama yang ada. Peran agama sangatlah penting bagi kehidupan. Terutama agama Kristen, karena umat Kristiani percaya hanya melalui kepercayaan kita terhadap Yesus Kritus kita memperoleh keselamatan. Untuk itu mengapa kita tidak coba untuk memberitakan Firman Allah? Agar lebih banyak orang yang terselamatkan.

Mengutamakan agama dari hal-hal lain dengan menyembah Bapa, Tuhan Allah kita dengan roh dan kebenaran tidak akan celaka.

Yohanes 4 : 23
Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
Mulai Berdiskusi!

0 comments

Powered by Blogger.