Tuesday 14 June 2016

Alasan Yesus Kristus Hanya Melayani Selama 3,5 Tahun

alasan yesus kristus hanya melayani selama 3,5 tahun
Ilustrasi Yesus Kristus


Mengapa Yesus hanya melayani selama 3,5 tahun? Pertanyaan ini sempat terlintas didalam benak saya. Saya sempat bertanya-tanya kepada beberapa pelayan didalam gereja saya, dan akhirnya saya sudah mulai mengerti dan kita akan membahasnya kali ini.

Jika kita telaah Alkitab, kita akan mengetahui hal mengenai kisah hidup Kristus, termasuk pelayanan yang Yesus Kristus lakukan. Mungkin beberapa diantara kita tidak mengetahui alasan Yesus hanya melayani selama 3.5 tahun. Mengapa tidak lebih lama? Bukankah itu terlalu singkat? Mungkin beberapa pertanyaan itu terbesit didalam pikiran kita semua.

Menurut perhitungan umur Yesus dalam ALkitab, Yesus memulai pelyanan-Nya kira-kira berkisar pada usia 29-30 tahun dan wafat atau meninggal pada usia 33 tahun. Jika dihitung secara sistematis, dapat dikatakan pelayanan Yesus Kristus semasa hidup hanya berlangsung kurang lebih selama 3,5 tahun. Pelayanan yang cukup singkat jika kita bandingkan dengan masa sekarang. Mungkin kita pernah melihat beberapa hamba Tuhan yang melayani sudah cukup lama, bahkan hampir separuh hidupnya ia habiskan untuk melayani.

Orang Kristen mengetahui bahwa hari sebelum kelahiran Yesus sudah banyak dinubuatkan didalam kita perjanjian lama. Tentunya kelahiran Yesus Kristus atau biasa kita kenal dengan kelahiran Sang Juruselamat ataupun Sang Mesias sudah dipersiapkan oleh umat manusia yang ada didunia. Jika umat manusia saja sudah menanti-nanti dan mempersiapkannya, bagaimana dengan Allah sendiri. Apakah Allah yang turun kedunia dalam rupa Yesus Kristus tidak mempersiapkan kelahiran ataupun kedatangan-Nya? Tentu saja semua itu telah diperhitungkan oleh Allah sendiri.

Persiapan yang telah Allah lakukan tentu saja sudah sangat sempurna, melihat tugas utama dari kedatangan dan pelayanan Yesus Kristus yang cukup penting dalam menyelamatkan dan memberitakan kabar sukacita kepada manusia. Tentunya setiap persiapan yang Allah lakukan memiliki sebuah alasan tersendiri yang mungkin terdapat beberapa alasan yang dapat untuk kita pahami menurut apa yang tertulis didalam Alkitab.

Lalu mengapa Yesus Kristus hanya melayani selama 3,5 tahun? Jika dilihat mungkin kita akan berpendapat bahwa lamanya pelayanan Yesus itu terlalu singkat bukan?

Menurut kami, yang perlu ditinjau dari kelahiran hingga kisah pelayanan Kristus adalah mengenai tugas yang diemban oleh Kristus. Dalam artikel yang telah kami posting sebelumnya mengenai Tujuan Pelayanan Yesus Kristus kita dapat melihat atau mengambil 2 tugas penting yang harus diselesaikan oleh Yesus Kristus.

Bukan hanya itu saja, dalam kitab Matius 5 : 17, kita dapat melihat mengenai perkataan Yesus mengenai hukum taurat atau bisa juga disebut kitab perjanjian lama.


Matius 5 : 17
"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

Dalam kalimat tersebut dikatakan bahwa Yesus datang kedunia memiliki sebuah tujuan yang cukup penting yaitu untuk 'menggenapi hukum taurat' atau bisa juga kita katakan 'menggenapi kitab perjanjian lama'.

Lantas apa hubungannya lama pelayanan Yesus Kristus dengan tugas-tugas tersebut?

Yang dapat kita simpulkan adalah selama pelayanan-Nya, Yesus memiliki sebuah tugas penting yang harus Ia lakukan dan selama 3,5 tahun pula Ia sudah berhasil menyelesaikan tugas-tugas-Nya juga telah menggenapi apa yang ada pada perjanjian lama dan menyempurnakan ajaran-Nya didalam perjanjian baru. Yesus telah menggenapi nubuat-nubuat yang ada didalam perjanjian lama dan juga tugas-tugas yang harus diemban-Nya didalam dunia.

Jadi alasan Yesus hanya melayani selama 3,5 tahun adalah karena Ia telah berhasil menyelesaikan tugas-Nya dan telah menggenapi apa yang ada pada perjanjian lama juga telah menyempurnakan ajaran-ajaran Kristen pada perjanjian baru. Itu sebab-Nya kedua perjanjian yang ada dalam Alkitab tetap dipakai karena keduanya memang saling berhubungan.

Untuk itu, lamanya pelayanan Yesus Kristus tidak ditentukan oleh waktu, melainkan ditentukan oleh tanggung jawab yang telah Kristus lakukan. Dan selama 3,5 tahun pula Yesus sudah memenuhi tanggung jawabnya.

Lantas bagaimana dengan kita, menurut kamu apakah alasan kita masih diberkati Tuhan hingga saat ini?
Mulai Berdiskusi!

0 comments

Powered by Blogger.