Sunday 12 June 2016

Tujuan Pelayanan Yesus Kristus

Berikut ini adalah tugas-tugas yang diemban Yesus Kritus selama melayani di bumi.
Pelayanan Yesus Kristus

Tuhan Yesus memulai pelayanan di bumi pada saat Ia berusia 3o tahun. Pelayanan yang Ia lakukan terbilang relatif singkat, pasalnya Ia hanya melayani selama kurang lebih 3,5 tahun. Namun dibalik waktu singkat tersebut, terdapat banyak sekali kisah dan ajaran yang hebat yang masih dianut hingga saat ini. Orang Kristen percaya bahwa kehadiran Kristus kedalam dunia bukan hanya untuk mewujudkan ataupun menggenapi apa yang telah dinubuatkan dalam perjanjian lama. Pelayanan yang Ia lakukan bukan tidak disertai sebuah tujuan yang hebat. Jika kita melihat kembali kedalam Alkitab, kita akan mengetahui bahwa kedatangan dan pelayanan Yesus memiliki misi yang luar biasa.

Baca juga : Mengapa Yesus Mulai Melayani Pada Usia 30 Tahun?

Selama kisah hidup dan pelayanan-Nya, Yesus sang juruselamat memiliki dua tujuan Utama. Yang pertama adalah sebagai Guru (Lukas 4:43) dan sebagai Pendamai (1 Yohanes 2 : 1-2). Dalam waktu yang cukup singkat tersebut, Yesus dikatakan cukup berhasil dalam melakasanakan misi pelayanan=Nya didunia. Ajaran-ajaran yang telah kita dapati dan kita jalani saat ini adalah bukti dari keberhasilan tersebut.

Yesus Kristus Sebagai Pendamai

1 Yohanes 2 : 1-2
(1) Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil. (2) Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

"Dan Ia adalah pendamai untuk segala dosa kita." Jika kita lihat dari penggalan ayat alkitab diatas, kita dapat melihat bahwa Yesus memiliki sebuah tujuan dalam mendamaikan manusia dengan Allah sendiri. Sejak kejatuhan Adam dan Hawa kedalam dosa, hubungan manusia dengan Allah menjadi renggang dan terputus. Dikarenakan dosa manusia menjadi jauh dengan Allah. Untuk itu Yesus datang kedunia, Allah dalam rupa Yesus Kristus menjelma sebagai manusia dan melakukan pelayanan kepada dunia. Bukan hanya sekedar pelayanan, tetapi juga sebagai pendamai dunia. Namun apakah sebatas pendamaian hubungan Allah dengan manusia? Dalam Yohanes 3 : 16 menjelaskan bahwa kedatangan Yesus kedunia bukan hanya bertujuan sebagai pendamai Allah dengan manusia, namun juga Surga dengan manusia. Melalui pengorbanan-Nya-lah manusia dapat layak dimata Allah dan layak menjadi bagian dari kerajaan Allah. Jadi dapat disimpulkan bahwa sebagai pendamai, pelayanan dan pengorbanan Kristus-lah yang membuat hubungan Allah dengan manusia dapat berjalan semestinya. Karena dosalah yang membuat hubungan Allah dan manusia terputus, dan pengorbanan Kristus yang telah mengalahkan dosa membuat hubungan Allah dan manusia kembali damai.

Yesus Kristus Sebagai Guru

Markus 5:35
Ketika Yesus masih berbicara datanglah orang dari keluarga kepala rumah ibadat itu dan berkata: "Anakmu sudah mati, apa perlunya lagi engkau menyusah-nyusahkan Guru?"

Seperti apakah kita mengenal sosok Kristus? Sudah pasti jawabannya seperti Guru Agung. Yesus memang sangat banyak mengajar dikota-kota, selama 3 tahun lebih Ia telah melakukan berbagai pengajaran dan menjadi teladan bagi umat manusia. Memang tidak dijelaskan dengan detail didalam Alkitab mengenai tugas atau tujuan Yesus yang diutus sebagai seorang guru. Namun dapat kita tinjau bahwa murid-murid bahkan orang-orang didalam ALkitab banyak yang menyebut Yesus sebagai seorang guru dan menjadi seorang teladan. 'Guru' yang kami maksud merupakan sebuah istilah atau perumpamaan mengenai tugas atau ciri-ciri seorang guru. Jadi tugas Kristus didunia ini sama dengan tugas seorang guru semestinya. Tujuan seorang guru yang utama adalah mengajarkan apa yang baik dan menjadi teladan bagi murid atapun orang=orang yang diajarnya. Begitu juga dengan Yesus Kristus bukan hanya sebagai pendamai, kedatangan Yesus kedalam dunia ini juga memiliki tujuan untuk memberitakan injil juga menjadi teladan bagi orang-orang disekitar-Nya itu sebabnya Yesus dikatakn sebagai Guru Agung.


Kisah hidup dan perjalan pelayanan Yesus sungguh menakjubkan. Walaupun tidak dapat menyaksikan secara langsung, mungkin dengan membaca kisah-Nya saja kita sudah dapat terpukau dengan perjalanan-Nya. Kedatangan-Nya kedalam dunia juga bukan hanya merupakan kebetulan semata, melainkan kedatangan Yesus Kristus kedunia membawa dua tugas penting yang patut untuk kita simak. Nah, bagaimana dengan kita? Menurut kita apakah tugas utama kita dilahirkan kedunia? Setiap orang pasti memiliki tanggung jawab ataupun tugas yang telah Tuhan Allah tetapkan. Untuk itu mulailah perjalananmu dan selesaikan tugasmu. Sama hal-Nya dengan Kristus yang telah menyelesaikan tugas-Nya.

Matius 28 :19-20
(19) Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, (20) dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Mungkin ini adalah salah satu dari tujuan kita dilahirkan.
Mulai Berdiskusi!

0 comments

Powered by Blogger.