Saturday 25 February 2017

Mengapa Harus Saat Teduh?

Ayo siapa yang belum penah saat teduh seumur hidupnya, pasti ada beberapa diantara kita yang memang belum pernah ber-saat teduh.

Ngakunya sih orang Kristen, tapi meluangkan waktu untuk Tuhan tidak pernah sama sekali.

Padahal saat teduh merupakan hal yang cukup penting bagi umat Allah dalam meningkatkan iman kepercayaan kita kepada Allah.

Lantas mengapa saat teduh begitu penting? mungkin beberapa diantara kita akan bertanya demikian. Untuk kali ini kita akan membahas mengenai saat teduh hingga ke akar-akarnya.






Apa itu Saat Teduh?



Saat Teduh adalah waktu yang kita sediakan untuk menjalin hubungan khusus dengan Tuhan.

Waktu dimana kita memang benar-benar fokus hanya kepada Allah. Biasanya dilakukan dengan berdoa, bernyanyi, dan membaca Alkitab serta merenungkannya.

Saat teduh juga biasanya dapat dilakukan dimana saja, namun banyak orang melakukannya didalam kamar sendiri, seperti Firman Allah yang tertulis pada  Matius 6 : 6 "Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."

Saat teduh juga dapat dikatikan sebagai sebuah rutinitas.

Mengapa demikian?

Karena biasanya orang akan membuat jadwal untuk melakukannya. Namun, rutinitas yang kita lakukan bukanlah sebuah rutinitas biasa, atau sebuah kewajiban.

Karena pada dasarnya saat teduh merupakan kebutuhan kita, karena kita perlu untuk membentuk hubungan religius dengan Allah.

Hubungan layaknya seorang anak dengan Bapanya, begitulah hubungan yang harus kita bentuk dengan Allah.

Untuk itu rutinitas yang kita lakukan adalah sebuah kebutuhan yang mutlak bagi orang percaya yang rentan dengan dosa.

Dengan Sa-Te pula kita dapat menjalani hari-hari tanpa takut, karena kita sudah terlebih dahulu meminta pertolongan kepada dan berdoa kepada Tuhan melalui saat teduh yang telah kita lakukan.

Kita akan merasa lebih siap dalam menjalani hari dikarenakan kita sudah lebih dulu meminta bimbingan daripada Allah untuk menjalankan hari-hari kita seperti biasa.

Mengapa harus Saat Teduh?



1. Membuat Waktu dan Komunikasi Khusus dengan Tuhan

 



Dalam satu hari kita banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat kita sangat sibuk.

Apa lagi bagi Anda yang pekerja aktif, tentu waktu luang yang kita miliki sangat sedikit, bahkan banyak orang yang tidak memiliki waktu luang seharian.

Lantas bagaimana dengan Tuhan? Mengapa kita tidak memiliki waktu untuk berhubungan dengan Tuhan?

Tentu Sa-Te menjadi hal yang sangat kita butuhkan, karena kita membuat waktu yang sangat khusus dengan Tuhan.

Anda dapat bayangkan kita memliki waktu berjam-jam dengan orang lain, namun kita tidak memiliki waktu beberapa menit untuk Tuhan sendiri, padahal hidup kita diatur oleh Tuhan.

Untuk itu saat teduh sangat diwajibkan bagi kita yang sampai kini tidak memiliki waktu untuk Tuhan.

Semuanya pasti mengetahui bahwa waktu ini milik Tuhan, manusia telah dipinjamkan waktu oleh Tuhan.

Sudah sepantasnya sebagai anak-anak Allah harus siap sedia menyediakan waktu untuk Tuhan.

2. Menenangkan hati dan pikiran

 



Hidup adalah masalah, itu yang biasa orang katakan.

Masalah yang ada dalam hidup kita sering kali membuat kita menjadi jauh dengan Allah. Bahkan tidak sedikit dari kita yang dibuat pusing tujuh keliling hanya karena segelintir masalah.

Saat teduh mampu mengatasi itu semua. Saat kita membuka hati dan pikiran kita untuk Tuhan, disitu juga kita kana merasa tenang.

Masalah-masalah yang ada dalam hidup akan terasa ringan ketika mencurahkannya kepada Tuhan. Apalagi kalau kita sungguh-sungguh meminta pertolongan kepada Tuhan, tentu kita akan sedikit lega dan tidak stres dalam menghadapinya.

Dengan saat teduh kita dapat menemukan jawaban atas masalah yang kita hadapi. Karena pada kondisi itu pula, hati dan pikiran kita memang benar-benar jernih.

Tentunya Tuhan akan dengan mudah memberikan jawaban terhadap masalah kita. Karena sesungguhnya Tuhan adalah jawaban atas masalah hdup kita.

3. Ungkapan rasa syukur

 



Tanpa kita sadari, di saat kita menjalin komunikasi kepada Tuhan disitu pula kita tanpa sadar mengucap syukur kepada Tuhan.

Mengapa?

Karena saat teduh membuat kita mulai merenungkan segala yang telah terjadi dalam hidup dan membuat manusia mulai mensyukuri hidup.

Jadi tidak sedikit orang ketika dia melakukan Sa-Te dia semakin merasa bahwa dirinya sangat beruntung dan sangat dikasih oleh Tuhan.

Sa-Te juga menjadi bukti nyata atas rasa syukur kita. Mengapa?

Karena bagi Tuhan, rasa syukur harus nyata dalam seberapa kita peduli terhadap Tuhan dan firman-Nya. Bisa dikatakan harus ada feedback kita kepada Tuhan, dan saat teduh menjadi bukti yang nyata bahwa kita memang benar-benar bersyukur.

Karena Allah sangat senang ketika anak-Nya meluangkan waktu hanya untuk-Nya. Jadi, sudah sepantasnya ketika kita  ber-Saat Teduh, hal pertama yang kita lakukan adalah bersyukur kepada Allah.

4. Evaluasi Diri

 



Manusia adalah makhluk yang berdosa. Dosa adalah bagian dari kita.

Jadi jangan pernah mengatakan bahwa anak-anak Allah tidak pernah berbuat salah walau hanya sehari saja.

Bayangkan saja, seberapa banyak kesalahan yang kita lakukan selama sehari, belum lagi kita melihat kesalahan yang telah kita lakukan seumur hidup kita.

Saat teduh menjadi wadah bagi umat Allah untuk merenungkan tentang apa yang telah dilakukan sepanjang hari. Saat kita membuka hati dengan Tuhan dan mengetahui kebenaran firman-Nya kita akan mengerti bahwa banyak kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan sepanjang hari.

Kita akan mulai merenungkan kesalahan dan mulai memperbaiki diri agar menjadi lebih baik lagi.

Mengevaluasi diri melalui saat teduh adalah hal yang sangat wajib dan harus kita lakukan. Karena dengan begitu, kita akan perlahan-lahan berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

5. Meningkatkan Iman dan Pengetahuan akan alkitab

 



Membaca dan merenungkan firman Allah dalam saat teduh membuat kita akan mengetahu mengenai kebenaran firman Allah dan meningkatkan iman kepercayaan kita.

Mengapa?

Kita dengan mudah mengetahui kebenaran akan Allah, dan melalui kebenaran tersebut kita juga akan meningkatkan iman kita dengan Allah.

Saat kita menjalin hubungan khusus dengan Allah dan mempusatkan pikiran hanya kepada Allah disitu pula kita akan menumbuhkan iman kita kepada Allah.

Selain itu, saat kita membaca firman Allah, kita akan memiliki pandangan yang lebih luas akan Alkitab.

Apa yang tidak kita ketahui menjadi kita ketahui, tentu ini sangat baik didalam kehidupan kita.

Sama halnya seperti kita memiliki senter saat hendak berjalan ditengah kegelapan. Begitu pula dengan manusia. Umat Allah tidak akan tersesat karena dia memiliki bekal yang benar. Umat Allah akan mengetahui mana yang salah dan mana yang benar melalui Alkitab.

Untuk itu tidak percuma jika kita memiliki iman yang kuat dibarengi dengan pengetahuan Alkitab yang hebat.

Bagaimana melakukan Saat Teduh?



1. Sediakan Waktu dan Tempat



Sebelum melakukan saat teduh, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kapan dan dimana hendak melakukan saat teduh.

Memang untuk hal ini tidak harus ditentukan, namun sebaiknya kita dapat menentukan poin tersebut. Upayakan untuk menentukan tempat dimana memang tidak dapat diganggu.

Pilihlah tempat yang memang tersembunyi dan sepi. Karena dengan kondisi seperti itu kita dapat lebih fokus dalam berkomunikasi dengan Allah.

Menurut saya, saat teduh diluar ruangan adalah tempat terbaik. Karena pada saat itu kita akan lebih rileks menghirup udara segar, dan lebih bersatu dengan alam.

Jika memungkinkan pilihlah waktu untuk saat teduh pada pagi hari, sehingga apa yang kita renungkan dapat menjadi bekal untuk sepanjang hari itu.

Selain itu, beberapa tokoh Alkitab seperti Abraham, Ayub, Yakub dll bangun pagi-agi untuk berdoa kepada Tuhan, bahkan Yesus sendiri juga melakukan hal yang sama. 

Jangan lupa tentukan pula berapa menit/jam saat melakukan Sa-Te. Jika Anda baru memulai saat teduh, saya sarankan untuk mencoba dalam waktu yang tidak terlampau lama. Karena Anda akan merasa cepat bosan, dan pada akhirnya tidak melakukan saat teduh kembali.

Selain itu, hal yang paling utama ketika bersaat teduh, jangan pernah lihat jam. Karena itu hanya akan menggangu konsentrasi Anda.

Luangkanlah waktu Anda dengan Tuhan sesuai dengan kebutuhan rohani Anda.

2. Berdiam diri sejenak



Berdiam dirilah sejenak. Hal ini sangat penting.

Undanglah agar Allah benar-benar hadir ditengah-tengah Anda. Usahakan agar kita benar-benar fokus dan berkonsentrasi agar firman yang kita baca dapat meresap didalam kehidupan kita.

Ciptakan pula suasana yang benar-benar sunyi dan sepi. Usahakan agar tidak ada orang yang dapat menggangu untuk menciptakan ketenangan hati dan pikiran.

Kita juga dapat bernyayi sebelum memulai saat teduh. Bernyanyilah dengan setengah suara sambil menutup mata. Piihlah lagu penyembahan yang syahdu.

Fokuslah perhatian kepada Tuhan dan sadari kehadiranNya.

3. Berdoa


Ini bagian terpenting sebelum sebelum memulai saat teduh.

Berdoalah dan minta kehadiran Allah ditengah-tengah kita. Minta bimbingan kepada Allah. Berdoa pula untuk firman yang akan dibaca.

Minta agar roh Allah menerangi ayat yang hendak dibaca. Pada saat berdoa usahakan kita memang benar-benar merasakan kehadiran Allah didalam hati kita.

Usahakan hati Anda benar-benar fokus hanya kepada Tuhan.

4. Baca dan renungkanlah firman Allah



Tentukan ayat alkitab yang akan kita baca.

Kita dapat mencari ayat saat teduh sendiri ataupun  melalui internet dan media sosial yang menyediakan ayat-ayat untuk saat teduh. Baca dan resapi firman Allah.

Jangan pernah membaca secara cepat, namun hayati tiap-tiap kata dan renungkanlah ketika kita membaca ayat tersebut.

Jika perlu, baca berulang-ulang ayat yang kita baca.

Temukan pesan apa yang terkandung dari ayat tersebut. Renungkan pesan yang ada didalam ayat tersebut.

Kaitkan pesan ayat tersebut kedalam kehidupan kita dan mulai mengintropeksi diri kita sendiri.

Selain itu, ketika kita membaca firman Allah usahakan untuk membangun komunikasi dengan Allah. Diskusi dengan Allah, tanya apa yang harus dilakukan, dan minta saran dari Allah.

Setelah itu, ambil keputusan untuk ayat yang kita baca. Berkomitmenlah untuk dapat melakukan pesan yang ada dalam ayat tersebut.

Dengan demikian kita akan lebih mengerti mengenai ayat yang kita baca dan dapat mengaplikasikan pesan yang ada didalam Alkitab.

5. Berdoa kembali



Ketika kita sudah merenungkan ayat yang telah kita baca. Berdoalah kembali kepada Tuhan untuk firman yang boleh sampai kepada kita saat ini.

Minta kekuatan dan pertolongan kepada Tuhan agar kita dapat melakukan perintah-Nya. Minta agar Tuhan menguatkan komitmen yang telah kita buat, juga mintalah kekuatan kepada Tuhan agar kita tidak letih-letih untuk melakukan komitmen tersebut.

Dalam hal ini, Anda juga dapat mendoakan apa yang ingin didoakan, baik itu mendoakan keluarga, pekerjaan, pendidikan, jodoh dll.


Bagaimana?



Apa yang dikatakan sebagai Saat Teduh merupakan hal yang sangat penting bagi kita umat Kristiani.

Mengapa?

Karena hati dan pikiran kita benar-benar terbuka dan teduh, kita akan mulai engobrol dengan Tuhan, itu sangat penting karena Tuhan adalah bagian dari kita.

Jadi tidak akan mungkin, kita dapat bertahan jika sebagain dari hidup kita tidak ada.

Sebagai seorang manusia secara fisik kita membutuhkan makanan dan minuman setiap harinya untuk bertahan hidup. Tanpa itu semua kita tidak akan bisa menjalani hidupseperti biasa.

Begitu pula dengan saat teduh. Saat teduh adalah makanan rohani kita, tanpa makanan rohani kita tidak akan mampu bertahan ditengah gelapnya dunia ini.

Kita membutuhkan saat teduh agar kita dapat bertahan ditengah-tengah dunia. Mulailah membangun hubungan yang baik dengan Tuhan.

Karena tanpa perlindungan dari Tuhan kita tidak akan mampu menghadapi dunia. Untuk itu mulai melakukan saat teduh dan bangun hubungan kita dengan Tuhan.












Mulai Berdiskusi!

0 comments

Powered by Blogger.