Thursday 30 June 2016

Tips Sederhana Mengatasi Rasa Bosan di Dalam Rumah Tangga


berikut ini beberapa tips sederhana buat mengatasi kebosanan di dalam rumah tangga

Mengatasi Kebosanan Rumah Tangga



Rasa bosan adalah satu hal yang wajar dalam kehidupan. Rumah tangga atau kehidupan pernikahan pun tak luput dari serangannya. Dan jika ini dibiarkan terus-menerus, maka kondisi ini bisa memengaruhi kualitas kehidupan pernikahan dan rumah tangga. Namun demikian, kebosanan bukannya tak bisa diatasi. Bagaimana caranya?

1. Ingat Kembali Komitmen Anda


Setalah sekian lama berumah tangga, berbagai kesibukan, apalagi dengan hadirnya anak-anak, membuat sepasang keakasih pastinya sempat melupakan komitmen mula-mula sebelum berumah tangga. Ingat kembali komitmen-komitmen Anda saat kebosanan mulai melanda. Ingat kembali mengapa Anda pada akhirnya memutuskan untuk mengikat janji nikah di dalam altar gereja dengannya. Saya rasa ini cukup membantu, karena ini akan mengingat kembali kenangan-kenangan indah saat bersama pasangan.

2. Luangkan Waktu Menyendiri


Ini sangat penting bagi seseorang memiliki waktu untuk menyendiri. Bagi sepasang kekasih pasttinya sudah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bersama dengan pasangan. Menghabiskan waktu sendiri dapat membantu mengetahui siapa diri Anda dan apa yang Anda inginkan dalam kehidupan yang dijalani.Sewaktu-waktu pada saat Anda sendiri, cobalah untuk berkumpul dengan sahabat yang memiliki rumah tangga yang baik. Faktanya, dengan banyak menghabiskan waktu dengan pasangan lain, satu pasangan akan lebih bahagia dalam hubungan mereka.

3. Belajar dari Orang Lain.


Belajar dari orang lain adalah cara yang cukup ampuh. Anda dan pasangan dapat bertanya kepada orang tua, atau yang lebih berpengalaman dalam membina hubungan rumah tangga. Pengalaman dan uraian mereka bisa menjadi pelajaran bagi Anda dalam semangat mengatasi kebosanan.

4. Kekuatan Sentuhan

Sentuhan ringan yang dilakukan tiap hari, seperti memegang tangan, memeluk, mengelus kepala, dsb, diketahui dapat merangsang hormon oksitoksin. Hormon "cinta" ini mampu meredam amarah atas hal-hal kecil.

5. Mencoba Hal Baru Berdua


Kebosanan sering muncul karena pasangan sering melakukan hal yang sama terus menerus. Cobalah untuk memulai hal baru berdua, mungkin dapat mengatasi rasa bosan yang sedang melanda hubungan Anda.

6. Terapkan Manajemen dalam Rumah Tangga


Keluarga pun juga adalah sebuah organisasi, dan karena itu organisasi membutuhkan sebuah manajemen. Selain agar rumah tangga bisa berjalan dengan baik, manajemen ini juga berguna mencegah kebosanan yang sering kali datang karena tenaga, pikiran, waktu, dan dana tidak terpakai maksimal untuk hal-hal yang penting.

7. Momen Dadakan

Buatlah momen dadakan untuk acara yang kecil sekalipun. Tidak harus menunggu ulang tahun pasangan, ulang tahun pernikahan, atau lainnya. Sesungguhnya Anda bisa merayakan apa pun karena yang terpenting bukan alasannya tetapi karena hal tersebuat akan membuat Anda dan pasangan Anda lebih bahagia.

8. Berikan Surprise


Jangan segan-segan memberikan hadiah apapun kepada pasangan. Memberi hadiah tidak hanya dilakukan oleh pria ke wanita, namun wanita juga dapat memberikan hadiah kepada pria. Untuk itu berikanlah hadiah kejutan kepada pasangan anda, karena pada dasarnya, setiap orang suka saat ia menerima hadiah apa pun itu.

9. Keluarkan TV dari Kamar


Jika dikamar Anda dan pasangan Anda terdapat TV, sebaiknya keluarkan itu dari kamar Anda. Ketika waktu berdua di kamar justru hanya diisi dengan menonton TV, maka rasa hambar itu bisa muncul. Namun yang perlu diketahui, ini tidak hanya berlaku pada TV saja, banyak hal yang bisa tanpa sadar membuat Anda dan pasangan kehilangan semangat untuk melakukan hal bersama.


Berikut tadi adalah beberapa tips sederhana dalam mengatasi rasa bosan dalam rumah tangga. Ingat! Bahwa rasa bosan adalah hal yang manusiawi, namun jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan bagi sepasang kekasih untuk berpisah. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua!
Mulai Berdiskusi!

0 comments

Powered by Blogger.